Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi dan Contohnya

Selamat datang kembali di 401XD.COM, Blog yang membahas seputar bisnis IT, tutorial VPS, kumpulan VPN premium, SSH gratis, trik dan tutorial, serta informasi dunia IT lainnya.

Pada artikel kali ini penulis akan membahas seputar Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi dan Contohnya.
Artikel terpopuler lainnya :
1. Download SSH premium gratis 1 bulan update terbaru .
2. Trik rahasia internet gratis android.
3. Informasi big data & trik hemat data internet dengan aplikasi android.
4. Update paket promo internet murah terbaru semua operator.
Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi dan Contohnya
Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi dan Contohnya

NIC (Network Interface Card) 
NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
NIC merupakan perangkat penghubung yang dipasang pada setiap komputer, Pada umumnya PC sekarang telah memiliki NIC yang disebut dengan LAN card onboard.

PC yang belum memiliki NIC dapat dipasangkan pada slot ekspansi di dalam komputer, Untuk notebook, slot kartu jaringannya disebut dengan PCMCIA slot.
Setiap NIC mempunyai identifikasi unik yang disebut MAC Address yang telah dihard-coded pada cardnya.

Sebagai tambahan, setiap NIC harus mempunyai network adapter driver yang mengijinkan ia untuk berkomunikasi dengan network protokolnya. Sebuah NIC spesifik untuk arsitektur LAN tertentu (misalnya, Ethernet, Token Ring, atau Fiber-Optic) Ada kemungkinginan untuk menginstall lebih dari satu NIC pada komputer yang sama.


Fungsi NIC
1. Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan 
2. Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
3. Menerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang dimengerti oleh komputer.


Jenis-Jenis NIC  
A. NIC Fisik
NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile).

Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
  • Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
  • Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.
Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).


B. NIC logis
NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. 

Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi.


Contoh Jenis NIC
Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi dan Contohnya
A. Ethernet Card
Apabila komputer belum memiliki port untuk LAN, maka dapat menggunakan Ethernet Card yang dipasangkan pada slot ekspansi. Ethernet card memiliki port untuk koneksi kabel koaksial ataupun twisted pair. Konektor yang digunakan adalah BNC dan RJ-45. Namun, ada juga Ethernet Card yang memiliki konekstor AUI yang dapat dikoneksikan dengan kabel koaksial, twisted pair, atau serat optik.

Kartu Ethernet memiliki nomor MAC (Media Access Control) sejumlah 48 bit. Nomor MAC adalah nomor unik seperti halnya IP address, sehingga tidak akan ada nomor MAC yang sama pada setiap Ethernet Card. Nomor unik yang terdiri dari 48 bit dikelompokkan menjadi 6 bagian yang masing-masing terdiri dari 8 bit, contohnya 00 00 1B 62 21 e7. Tiga bagian pertama adalah kode perusahaan pembuat chip Ethernet. Kartu Ethernet yang ada dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:
  • 10Base5, tipe kartu Ethernet menggunakan kabel koaksial dengan diameter 0,5 inci dan berwarna kuning. Topologi yang digunakan menggunakan Topologi Bus. Jangkauan jarak maksimum 500 meter. Apabila ditambahkan repeater (penguat) akan dapat mencapai jarak ±2,5 km. Kecepatan transmisi data 10 Mbps.
  • 10Base2, tipe kartu Ethernet menggunakan kabel koaksial dengan diameter 5 mm. Topologi yang digunakan berbentuk Bus. Jangkauan jarak maksimum 185 m dan kecepatan transmisi data 10 Mbps.
  • 10BaseT, tipe kartu Ethernet menggunakan kabel twisted pair. Topologi yang digunakan adalah Star. Jangkauan jarak maksimum 100 m dan kecepatan transmisi data 100 Mbps.
  • 10BaseF, tipe Ethernet yang menggunakan kabel serat optik (fiber optic). Topologi yang digunakan adalah star. Jangkauan jarak sampai dengan 2000m. Untuk transmisi output dan input menggunakan kabel yang berbeda. Kecepatan transmisi data mencapai 100 Mbps.
  • 100BaseT series, tipe Ethernet menggunakan kabel twisted pair. Tipe ini memiliki beragam metode akses. Kecepatan transmisi data mencapai 20-200 Mbps.
Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi dan Contohnya
B. Localtalk Connector (Konektor Localtalk) 
Kartu jaringan localtalk digunakan untuk komputer Macintosh. Kartu jaringan ini menggunakan kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke port printer. Localtalk memiliki kekurangan dalam kecepatan transfer data. Localtalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 0,23 Mbps.
Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi dan Contohnya
C. Token Ring Card (Kartu Token Ring)
Kartu jaringan Token Ring menggunakan port dengan tipe konektor 9 pin. Kartu jaringan ini hampir sama dengan kartu jaringan Ethernet.
Artikel terpopuler lainnya
Silahkan komentar pada kolom dibawah ini jika ada yang ingin ditanyakan tentang Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi dan Contohnya.

0 Response to "Pengertian NIC (Network Interface Card), Fungsi dan Contohnya"