Panduan dan jenis jenis Kontrol Panel Open Source VPS Gratis

Selamat datang kembali di 401XD.COM, Blog yang membahas seputar bisnis IT, tutorial VPS, kumpulan VPN premium, SSH gratis, trik dan tutorial, serta informasi dunia IT lainnya.

Pada artikel kali ini penulis akan membahas seputar Panduan dan jenis jenis Kontrol Panel Open Source VPS Gratis.
Artikel terpopuler lainnya :
1. Download SSH premium gratis 1 bulan update terbaru .
2. Trik rahasia internet gratis android.
3. Informasi big data & trik hemat data internet dengan aplikasi android.
4. Update paket promo internet murah terbaru semua operator.



Panduan Kontrol Panel Open Source VPS Gratis

Setelah kemarin saya posting tentang Tutorial Lengkap Pengguna VPS Untuk Pemula, pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang kontrol panel VPS tersebut dan apa apa saja kegunaan nya buat memanage VPS.

Kapan anda butuh sebuah kontrol panel untuk memanage VPS kamu ?
  • Anda bener bener baru belajar, dan belum tau apa apa tentang struktur file sistem operasi VPS kamu dan nggak pengen repot repot manual melaui konsol ssh buat ganti NS, memindahkan file, dll.



  • Buat hosting atau multihosting, kalau kamu pengen bikin blog, website jualan sederhana a.k.a buat webserver, gw sangat menganjurkan memakai kontrol panel biar nggak repot. Dan biasanya kalau kamu install kontrol panel juga akan terinstall juga webservernya (Apache/Nginx/lainnya).

Kapan ANDA sebaiknya nggak install kontrol panel ?
  • Buat jualan SSH, kamu nggak perlu kontrol panel. Buat apa? malah yang ada membebani RAM.
  • Leecher torrent atau file – sama dengan alasan diatas, cuma membebani RAM, soalnya proses leeching butuh RAM lumayan besar.
Nah sekarang saya mau share beberapa kontrol panel OPEN SOURCE.
Kenapa ? pertama karena GRATIS, kedua karena GRATIS, dan ketiga karena GRATIS. Coba lihat yang saya bold.
  • AJENTI
Kontrol panel yang gw pakai, tampilan ajenti simple dan mudah dipakai . Kalau kamu mau bikin webserver hosting kamu mesti install pluginnya dulu AJENTI V. Beberapa plugin Ajenti yang berguna seperti Ajenti-mail, Ajenti-V, dan sebagainya.

Berikut ini tampilan dasboard nya ajenti :





  • OPENPANEL
Salah satu kontrol panel yang tampilannya cukup simple dengan fungsi yang memadai antara lain Apache, AWStats, Bind DNS, PureFTPD,Postfix, MySQL databases, IPTables firewall and Courier-IMAP dan masih banyak lagi yang lain.
























  • ZPANEL/SENTORA
Zpanel merupakan kontrol panel web hosting. Semua fungsi buat ngedukung masalah hosting lengkap tersedia, tapi cuma ngedukung webserver Apache, Nginx belum bisa. Zpanel mendukung OS windows juga lho, Linux pun bisa.
Tampilan Zpanel

Note : Tim core developer dari zpanel telah membuat kontrol panel fork dari zpanel yang dinamakan sentora.























  • WEBMIN
Salah satu control panel yang cukup terkenal, dengan modul virtualmin nya. Walaupun webmin ini gratis dipakai, beberapa modulnya ada yang berbayar misalnya virtual min Pro version, walaupun virtualmin yang gratisan juga. Mendukung webserver Apache.
berikut ini tampilan webmin dan modul virtualmin.

























  • ISPCONFIG
Last but not least, Ispconfig. Kontrol panel yang cukup populer. Beberapa fiturnya antara lain plugin/addon, PHP version selector, PHP-FPM support, dan lain sebagainya. Support forumnya responsif banget, modul modulnya juga oke, support Apache dan Nginx. 
berikut screenshotnya.


















Demikian yang bisa saya share pada kesempatan tutorial kali ini, untuk installasi kontrol panel diatas silahkan datang ke homepage kontrol panelnya masing masing.
Artikel terpopuler lainnya
Silahkan komentar pada kolom dibawah ini jika ada yang ingin ditanyakan tentang Panduan dan jenis jenis Kontrol Panel Open Source VPS Gratis.

2 Responses to "Panduan dan jenis jenis Kontrol Panel Open Source VPS Gratis"

May Tommy said...

cara biikin vpsnya gimana gan

Adhie Ghunawan said...

Silahkan beli vps terlebih dahulu, tutorial nya disini : http://www.401xd.com/2015/04/tutorial-membeli-dan-deploy-cloud-vps.html